P. Pisau

Bina Pengrajin Rotan, CSR PT. MKM Terima Penghargaan

PULANG PISAU - PT. Menteng Kencana Mas (MKM), Sawit Sumbermas Sarana Group (SSMS Group) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat menggelar pelatihan kerajinan rotan bagi warga Desa Kanamit, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, mulai tanggal 7 hingga 14 September 2022.

Selama kegiatan tersebut, kelompok pengrajin diasah kemampuannya membuat berbagai kerajinan rotan yang memiliki daya jual tinggi. Mulai dari merangkai, menganyam, membentuk, hingga proses finishing memperhalus tekstur dan pewarnaan.

"Masyarakat Desa Kanamit memang selama ini bergelut di bidang pengrajin anyaman rotan. Hanya saja mereka cuma membuat tikar dan keranjang. Sehingga kami pun melakukan identifikasi untuk keberlanjutan dan mengembangkan program rotan yang memang menjadi potensi sumber daya desa", kata Abdur Rohman selaku Asmen Community Development PT. MKM.

"Bersama pemdes, kami membentuk kelompok kerajinan rotan dan melaksanakan kegiatan pelatihan selama 8 hari. Perusahaan juga memberikan material dan alat-alat hingga mesin kompresor serta membantu pemasaran dan penjualan produk. Harapannya kelompok mampu mandiri dalam mengolah bahan baku rotan menjadi barang bernilai ekonomi tinggi", lanjutnya.

Penutupan kegiatan dihadiri oleh Abdur Rohman selaku Asmen Community Development PT. MKM, Teras selaku Camat Maliku, dan Rudi Hartono atas nama Kades (Selaku Kasi Kesra) Kanamit.

Teras selaku Camat Maliku menyampaikan bahwa menganyam rotan merupakan salah satu budaya lokal yang sudah sejak lama dilakukan masyarakat di Kecamatan Maliku khususnya di Desa Kanamit.

"Kami sangat mendukung program pemberdayaan dari PT. MKM ini. Tak hanya itu, PT. MKM sangat komitmen terhadap semua programnya. Mulai dari sosial budaya, pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, hingga ekonomi. Oleh karenanya, kami memberikan 2 penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada PT. MKM", ucapnya.

Di tempat yang sama Rudi Hartono atas nama pemdes mengatakan "Kegiatan kali ini memotivasi masyarakat untuk kreatifitas pada produk rotan. Semoga inovasi bersama PT. MKM ini kedepannya dapat menjadi produk unggulan desa dan tentunya semoga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga kami", terangnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada  PT. MKM untuk selalu peduli terhadap desa-desa binaannya" kata Teras dan Rudi.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan pemberian cindera mata hasil kerajinan kelompok kepada Camat Maliku, Pihak Desa dan Pihak Perusahaan.

(Sadiyo)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments