Kobar

BKSDA SKW 2 “Me-Rescue” Orangutan Di Runway Bandara Iskandar

PANGKALAN BUN - Proses evakuasi dipimpin langsung, oleh kepala BKSDA SKW 2 Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi. Hewan primata orangutan yang dilindungi ini, berjenis kelamin jantan, dan tengah  berada disalah satu, pohon rambutan milik warga, di perumahan komplek lanud iskandar, dalam kondisi kelaparan.

Agar tidak berkonflik dengan warga, tim BKSDA dan orangutan foundation internasional, atau ofi,  menembakan 3 peluru bius, dan bersarang ditubuh, hewan orangutan berusia 25 tahun, yang berbobot 76’5 kilogram, untuk dapat dievakuasi dan akan kembali, dilepas-liarkan kawasan, swaka marga satwa lamandau.

Selama proses evakuasi berjalan lancar. Kurang lebih 1 jam, hewan orangutan dapat dilumpuhkan, dengan menggunakan bius, dan proses evakuasi hanya terkendala, cuaca hujan dan kondisi, sore hari yang mulai gelap.

Sudah 4 kali tim bksda dan ofi, melakukan rescue dan evakuasi, orangutan yang masuk, kawasan runway bandara lanud Iskandar, termasuk ditahun 2023 ini. Pasalnya ketersediaan, makanan di hutan kota, di kawasan tersebut masih cukup banyak, bahkan hewan selain orangutan, juga banyak yang mencari, makanan seperti beruang madu, yang pernah dievakuasi.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments