P. Raya

BMKG Palangka Raya Prediksi Kalteng Alami Fenomena La Nina

PALANGKA RAYA  - Badan meteorology klimatologi dan geofisika kota Palangka Raya prediksikan wilayah provinsi Kalimantan tengah akan mengalami dampak dari fenomena LA NINA menjelang akhir tahun yang menyebabkan meningkatnya intesitas curah hujan.

Prakirawan cuasa Roland Binery mengatakan, pada saat ini wilayah khususnya Indonesia diprediksi akan terpengaruh fenomena global LA NINA yang pada umumnya berdampak pada meningkatnya curah hujan di wilayah Indonesia. Di provinsi Kalimantan Tengah sendiri telah memasuki musim penghujan.

Fenomena LA NINA adalah  proses memuainya air laut diakibatkan suhu yang cukup tinggi di bagian Amerika yang menyebabkan awan bergumpal hingga menyebar secara global diseluruh dunia. Fenomena ini diperkirakan akan berakhir hingga bulan Mei tahun depan.

BMKG kota Palangka Rraya berharap masyarakat Kalimantan tengah agar tetap mewaspadai potensi apa saja yang dapat terjadi akibat meningkatnya curah hujan mulai dari lingkup kecil seperti keluarga dan lingkungan social.

(Hary Reymondo)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments