P. Raya

Desa Kereng Bangkirai Terpilih Sebagai Launching Project Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3) Tahun 2021 Di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kalimantan Tengah menggelar launching Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan atau DP3 yang dilaksanakan di kawasan dermaga Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Palangka Raya pada Rabu, 3 November 2021.

Komisi Pemilihan umum (KPU) menetapkan desa Kereng Bangkirai sebagai lunching project desa peduli pemilu dan pemilihan atau DP3 Kalimantan Tengah. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kalteng, H. Harmain Ibrahim beserta jajarannya, Mewakili Pemprov Kalteng Asisten I Setda Hamka, mewakili Pemko Palangka Raya Sekda Hera Nugrahayu serta KPU Kabupaten/Kota se- Kalteng secara daring.

H. Harmain Ibrahim ketua KPU kalimantan tengah mengatakan program ini adalah program KPU Ri dimana setiap provinsi ada 2 desa yang di tetapkan sebagai percontohan Desa peduli pemilu dan pemilihan.

Untuk Desa kereng bangkirai terpilih sebagai desa percontohan karena tingkat partisipasi pada pemilihan umum cukup rendah sekitar 51,88 %  selain itu karena kawasan dermaga ini juga merupakan salah satu objek wisata sehingga ada potensi untuk sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Ia juga mengatakan bahwa launching program tersebut merupakan suatu pendidikan pemilih yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dalam aktif dalam Pemilu maupun tahapan Pemilu lainnya.

Adapun untuk wilayah lainnya desa Danau Ganting, Kabupaten Barito Selatan yang juga ditetapkan sebagai wilayah Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan untuk wilayah Kalteng karenan memenuhi kiriteria yang di tetapkan.

Eko wahyu Kordinator devisi sosialisasi pendidikan pemilih partisvasi masyarakat dan sdm juga menambahkan terpilihnya 2 desa ini sebagai desa percontohan ditujukan untuk meningngkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi sehingga harapan kedepannya dapat membentuk kader-kader demokrasi yang berkualitas.

(Fardoari Reketno)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments