P. Raya

BPBPK Kalteng Catat 61 Kejadian Karhutla, Luas Terbakar Capai 84,80 Hektare

PALANGKA RAYA - Dari 1 Januari hingga 7 Juli 2024, BPBPK Kalimantan Tengah mencatat 61 kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan luas area terbakar mencapai 84,80 hektare.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah, Indra Wiratama, mengungkapkan data terbaru mengenai kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut. Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) BPBPK Kalteng, dari 1 Januari hingga 7 Juli 2024 telah terjadi 61 kali kebakaran dengan luas area terbakar mencapai 84,80 hektare. Sementara itu, data dari Dinas Kehutanan mencatat luas area yang terbakar mencapai 200 hektare.

Indra Wiratama menjelaskan bahwa kejadian karhutla ini terutama didominasi oleh Kabupaten Kotawaringin Timur. Saat ini, wilayah tersebut telah berada dalam status siaga sejak 5 Juli hingga 2 Oktober 2024. Sebagai upaya pencegahan di sektor darat, BPBPK Kalteng telah menetapkan pos lapangan (Poslap) dan pos pembantu untuk diaktifkan.

Operasi darat akan dilaksanakan, dan pada tanggal 11 Juli akan dilakukan pencanangan untuk pengaktifan seluruh Kalteng. Saat ini, sudah dilakukan identifikasi terhadap sumber daya yang tersedia.

Indra berharap, dengan langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan, kejadian karhutla di wilayah Kalimantan Tengah dapat diminimalisir sehingga dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat dapat ditekan. Status siaga ini menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan tindakan preventif untuk mengurangi risiko kebakaran di musim kemarau yang puncaknya diprediksi terjadi pada Agustus 2024.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments