P. Raya

Budidaya Ikan Gabus Perlu Dukungan Pemerintah

PALANGKA RAYA – Masyarakat Desa Lanpasa, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan berharap dukungan pemerintah untuk membudidaya ikan Haruan (Gabus.-red), dimana harapan tersebut disampaikan langsung masyarakat setempat kepada Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sudarsono, saat melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah setempat belum lama ini.

“Budidaya ikan Gabus atau lebih dikenal dengan sebutan ikan Haruan di Kalteng, masih sangat jarang dan peluang inilah yang ingin dikembangkan masyarakat Desa Lanpasa. Namun budidaya tersebut masih terkendala beberapa hal sehingga pengembangannya bisa dikatakan belum optimal,” ucap Sudarsono, saat dibincangi disela-sela melaksanakan kunjungan kerja ke Instalasi Budidaya Ikan Lahan Gambut (IBILAGA), di Desa Garung, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini mengatakan, kendala yang saat ini dihadapi masyarakat setempat, karena minimnya metode pengembangbiakan dan ketersediaan pakan. Mengingat selama ini masyarakat mencoba mendapatkan bibit ikan gabus dengan cara menangkap di alam liar.

“Kendala pertama yang dihadapi masyarakat adalah minimnya metode pengembangbiakan karena bibit yang ada ditangkap langsung dari alam. Kedua, minimnya ketersediaan pakan mengingat ikan gabus liar tidak mau memakan buatan pabrik. Kalaupun ada yang mau, ketersediaan pakan tetap menjadi kendala karena untuk mencukupi kuota pakan, kita masih bergantung dari pulau Jawa,” ujarnya.

Politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menegaskan, kunci keberhasilan dalam budidaya ikan adalah ketersediaan pakan yang memadai. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Perikanan bisa membuat terobosan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan, dalam rangka mendukung pengembangan budidaya ikan lokal di wilayah itu.

“Apabila ketersediaan pakan tidak mencukupi, maka budidaya ikan lokal juga sulit dikembangkan. Sehingga saya mendorong Pemkab Seruyan untuk membuat terobosan khususnya dalam pengolahan pakan ikan, mengingat Kabupaten Seruyan merupakan salah satu Kabupaten yang kaya akan bahan baku untuk mengolah pakan. Apabila hal tersebut bisa terealisasi, tentu3nya tidak hanya daerah yang diuntungkan, tetapi masyarakat juga bisa merasakan keuntungannya yaitu mudah mendapatkan pakan ikan dengan harga yang jauh lebih murah,” pungkasnya.


(Infodprdkalteng/Hendra)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments