P. Raya

Budidaya Tambak Udang Di Jelai Kabupaten Sukamara

PALANGKA RAYA -  Rapat Koordinasi (Rakor)  Percepatan Pembangunan Tambak Udang / Shrimpy Estate Kalteng bertempat di ruang Rapat Bajakah LT II Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Senin (10/4/2023).

Leonard S. Ampung saat di wawancarai mengatakan bahwa program Shrimpy Estate merupakan program prioritas, untuk Pembangunan kawasan tambak udang di sungai Damar, Sungai Raja di Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara.

Hari ini kita membicarakan mengenai ketenaga listrikan, berupa  power yang dibutuhkan untuk kawasan Shrimpy Estate ini, dan telah di sepakati di angka 1.385 KVA dengan skim pembiayaan 1,2 milyar lebih, Ucap Leo."

" Ini menjadi beban Pemerintah Provinsi Kalteng yang harus dibayar kepada PLN untuk perluasan jaringan kelistrikan tadi,  karena kalau tidak ada power ini Shrimpy Estate tidak bisa jalan,” tambah Leo."

Sementara itu Kadis Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Darlianjah menyampaikan secara singkat, pada tahun 2022 sudah dilaksanakan pekerjaan Land Clearing Seluas 39,6 Ha dan redesign Pekerjaan Dinas PUPR juga sudah melaksanakan antara lain pekerjaan kebinamargaan dan keciptakaryaan berupa Gedung dan bangunan sebagai penunjang Shrimpy Estate.

Dinas PUPR sudah membangun kantor UPT,  rumah genset, mess karyawan, gudang pakan, siring pass dan dari Dinas ESDM sudah mensuport pekerjaan jaringan listrik dan peralatan.

Tahun 2023 mulai dibangun kontruksi tambak, sudah ada tenaga teknis di lapangan, pengadaan bahan bahan operasional termasuk pakan,  benur (benih udang)  dan bahan treatment air,  serta sarana dan prasarana perlengkapan kantor yang dilaksana-kan setelah mendekati selesai konstruksi.

Tebar benih pada bulan Nopember.  Harapannya produksi mencapai kurang leboh 1.500 ton. Kebutuhan listrik 1.375 KVA target selesai Instalasi Listrik paling lambat sebelum tebar benih yaitu sebelum bulan Nopember.

Kegiatan Rakor di hadiri oleh Kadis PUPR Shalahuddin, Kadis ESDM Vent Cristway dan jajarannya serta Manager Niaga Pemasaran PT. PLN Persero Palangka Raya Angga Andriansyah.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments