Kobar

Budidaya Tanaman Anggur Di Pekarangan Rumah

PANGKALAN BUN - Kalau ada kemauan, dan ada sedikit lahan di pekerangan rumah, apa pun jadi ditangan, orang yang gemar bercocok tanam, seperti yang dilakukan, alfa ramayana warga asal palembang, yang memiliki usaha percetakan dan printing berhasil, membudidayakan tanaman buah anggur, di samping rumahnya.

Berawal dari kegemarannya di tahun 2016, hingga sekarang ini, sudah bisa menghasilkan buah anggur, yang berkwalitas dan sudah bisa membentuk, 25 kelompok tani anggur, aspai atau asosiasi penggiat anggur indonesia, cabang kotawaringin barat. Semula hanya beranggotakan 30 orang, sekarang sudah beranggotakan 649 orang yang tergabung dalam, penggiat  dan petani anggur, di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Menurut Alfa Ramayana ilmu, yang didapat tentang budidaya anggur lokal berkwalitas, karna seringnya mengikuti kegiatan, bimbingan teknis atau bimtek, oleh aspai pusat diberbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk yang baru dilaksanakan, di Kotawaringin Barat beberapa waktu lalu, yang dihadiri langsung Ketua Umum Aspai Indonesia, Tosan Aji.

Tanaman anggur bukan asli tanaman Indonesia, di negara asalnya, berbuah hanya satu kali dalam setahun, tetapi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat, tanaman anggur bisa, berbuah 2 hingga 3 kali dalam setahun, dengan 200 varian anggur, yang berbeda rasa dan warnanya, sudah berhasil dikembangkan di Kotawaringin Barat.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments