Barut

Bulog  Muara Teweh Launching Penyaluran Bantuan Sembako Cadangan Pangan Pemerintah

MUARA TEWEH -  Bulog Muara Teweh telah melaksanakan launching penyaluran bantuan cadangan pangan  pemerintah untuk masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di kantor Perum Bulog, Jalan Nenas, Rabu (31/1/2024).

Penjabat Bupati Barito Utara, Drs.Muhlis mengatakan,  pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan harus tersedia secara cukup.  Adapun pemenuhan kebutuhan dasar atas pangan harus memberikan manfaat secara adil dan merata sesuai dengan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

Muhlis menjelaskan, saat ini kondisi iklim global mengalami pergeseran dan banyak tidak menentu akibat el nino. Sehingga  mengakibatkan kemungkinan gagal panen dibeberapa wilayah di dunia, tidak terkecuali negara Indonesia. Oleh sebab itu, langkah pemerintah saat ini sangat tepat, yaitu dengan melaksanakan penyaluran cadangan pangan bagi masyarakat.

Muhlis juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat, tidak hanya petani harus memulai menanam di lingkungn rumah, tempat kerja juga harus digaungkan agar masyarakat merubah mindset bertani ataupun bercocok tanam tidak harus di ladang, persawahan, melainkan dengan memanfaatkan area pekarangan rumah dengan sistem hidroponik.

"Kita menyadari dengan pertumbuhan jumlah penduduk, pemerintah kita  harus memikirkan cadangan pangan bagi masyarakat,"kata Muhlis.

Pemkab juga meminta kepada dinas terkait untuk terus bersinergi dan berkolaborasi untuk membuat  perencanaan strategis sehingga ketahanan pangan di Barito Utara dapat diatasi.

 

(Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments