Nasional

Bupati Aron Serahkan Lima Puluh Unit Tangki Septic Tank Individual

SEKADAU - Bupati Sekadau Aron, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tangki septic tank skala individual. Di Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Rabu 12 Juli 2023.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa kegiatan pembuatan tangki septic individual tersebut berasal dari dana alokasi khusus ( DAK ) penugasan. Pembangunan tangki septic tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk membuat lingkungan sehat. Hal ini sebagai penunjang bagi warga yang sudah open defecaption free ( ODF ), sebab setelah mengunakan tangki septic tersebut langsung steril dan bisa langsung di buang ke sungai dan tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap.

Ia juga meminta agar kepala desa untuk mengawasi proses pembangunan tersebut, jangan sampai sudah diberikan lalu tidak dikerjakan padahal pemerintah memberikan secara gratis.

Pada saat ini pemerintah daerah sedang giat membangun infrastruktur, di kabupaten sekadau. Hanya saja dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu kepala dinas prasarana umum dan perumahan rakyat ( PUPR ) Heri Handoko Susilo, mengatakan, salah satu alasan diberikan septic tank ini untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Mengenai cara pembuatan septic tank ini, imbuhnya, akan di sosialisasikan, cara pembuatan berikut tata cara lainya. Ada juga tim pendamping yang akan mengawasi pembangunanya. Untuk membangun septic tank tersebut. Pemerintah mengeluarkan dana sekitar tiga ratus lima puluh juta untuk lima puluh unit. Mengenai pembayaran semua akan di sosialisasikan secara cermat kepada penerima manfaat langsung.

Hadir pada kegiatan tersebut. Camat Sekadau Hilir, Zulkifli, Kabid Cipta Karya, Tomi, serta tim dari perusahaan, Kepala Desa Selalong Jailani, perwakilan dari polsek sekadah hilir, perwakilan danramil sekadau hilir, para staf desa dan seluruh penerima manfaat septic tank.

 

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments