Bartim

Bupati Barito Timur Resmikan Bundaran Tugu Gunung Perak

TAMIANG LAYANG - Bupati Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Ampera Ay Mebas, resmikan bundaran tugu gunung perak yang terletak di Longkang, Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, Minggu pagi 24 September 2023.

Nampak hadir pada peresmian tersebut Ketua TP PKK Barito Timur, Ny. Munita Mustika Dewi Ampera Ay Mebas, Kepala OPD, perwakilan Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung pembangunan bundaran dan tugu gunung perak yang ikonik dan menjadi kebanggaan warga Barito Timur.

"Filosofi pembangunan bundaran tugu gunung perak ini secara historis memberikan makna bahwa kehidupan dipenuhi dengan kelimpahan dan keistimewaan bagi kehidupan warga ma'anyan", tambah Ampera.

Menurutnya gunung perak ini juga menjadi simbol kesejahteraan dan kemakmuran, kemudian pada beberapa sisi bundaran juga ada patung burung jue yang merupakan burung langka ciri khas Barito Timur yang memberikan makna yang olimpik dan simbolik.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021 sampai dengan 2022 untuk menyelesaikan bundaran ini menelan biaya yang cukup besar, yakni 4,7 Miliar dan dibangun dalam dua tahap serta dapat rampung pada tahun anggaran 2022. Kendatipun demikian masih ada beberapa aspek yang harus dibenahi.

Dirinya berharap semua pihak dapat menjaga keindahan dan kebersihan di lingkungan bundaran ini sehingga tetap asri dan indah dipandang, walaupun beberapa waktu lalu ada orang yang tidak bertanggung jawab yang merusak tulisan pada bundaran ini, “Sekali lagi saya secara serius menghimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga aset daerah ini sehingga dapat terawat dengan baik dan ikon Kabupaten Barito Timur ini menjadi destinasi wisata yang ikonik,” harap Ampera.

 

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments