Katingan

Bupati Katingan Tinjau Pembangunan Payung Tjilik Riwut

KATINGAN – Bupati Katingan Sakariyas, tinjau pembangunan Payung Tjilik Riwut di Bundaran Kantor Bupati Katingan yang mulai di bangun. Dikatakan Sakariyas, pembangunan kembali Patung Tjilik Riwut di Bundaran kompleks perkantoran Bupati, akibat patung sebelumnya roboh akibat diterjang angin.

“Hari ini, patungnya sudah ada, dan mulai di bangun kembali,” Ungkap Bupati Sakariyas, Kamis (24/11/2022).

Diakui Sakariyas, Tjilik Riwut merupakan satu-satunya Pahlawan Nasional yang berasal dari Bumi Penyang Hinje Simpei, yang juga gubernur pertama di Kalimantan Tengah.

“Kenapa kita bangun kembali, karena beliau ini merupakan pahlawan nasional satu-satunya dari Katingan, sehingga sebagai bentuk penghormatan, kita tetap bangun, apalagi beliau menjadi orang pertama sebagai gubernur Kalteng,” Katanya.

Untuk tinggi patung yang telah siap di pasang, dituturkan Sakariyas, 4 meter dan akan dibuat relief sehingga pengunjung, terutama generasi-generasi yang ada, bisa melihat sejarah kehidupan Tjilik Riwut.

“Jadi kita bangun patung ini, juga dengan reliefnya, tujuan agar pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjilik Riwut, sehingga bisa memotivasi terutama bagi generasi yang ada,” Tuturnya.

Direncanakan patung tersebut akan diresmikan saat pergantian tahun. “Rencananya, kita resmikan saat pergantian tahun yang akan diisi dengan pesta rakyat untuk mengenang sejarah perjuangan Tjilik Riwut,” Tandasnya.


(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments