Kalteng

Bupati Lamandau Hendra Lesmana Resmi Buka Festival Babukung Tahun 2023

NANGA BULIK - Bupati Lamandau Hendra Lesmana, membuka resmi Festival Babukung tahun 2023, Kegiatan dilaksanakan di jalan A Yani, kota Nanga Bulik, Senin (7/8/2023). Kegiatan yang dirangkai dengan karnaval budaya tersebut dihadiri sejumlah pejabat kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, juga pejabat dari Pemerintah Provinsi Kalteng turut hadir menyaksikan keunikan Festival kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau itu. Hadir juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (Ketum PWI), Atal S. Depari, sekaligus menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Lamandau mengatakan bahwa Festival Babukung diangkat dari intisari Kebudayaan Dayak Tomun yang ada di Kabupaten Lamandau. Babukung sebenarnya merupakan acara untuk menghibur keluarga orang Dayak yang meninggal khususnya Dayak Tomun di Kabupaten Lamandau.

Melalui Festival Babukung ini Pemerintah daerah, berupaya menjaga kelestarian seni budaya masyarakat Dayak, juga untuk lebih memperkenalkan budaya  ke dunia luar. Festival Babukung banyak sekali pro dan kontra. Namun hal itu tidak menyurutkan pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa event ini layak untuk diangkat.

Bupati pun berharap suatu event di daerah akan mampu menarik pengunjung lebih banyak jika ada rasa kebanggaan terhadap event yang dimiliki. Ia juga berpesan kepada Ketua umum PWI dan insan pers di Kalteng untuk mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten Lamandau.

 (Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments