P. Raya

Ketum PWI Digelari Omas Pena Setia Jaya Dari Dayak Tomun Lamandau

LAMANDAU - Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S. Depari, dalam kunjunganya ke Kabupaten Lamandau dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, diberi gelar Adat Omas Pena Setia Jaya dari Dayak Tomun pada, Minggu (6/8/2023) tahun 2023. Prosesi pemberian gelar adat (Penggolaran Adat) dilaksanakan di Rujab Bupati Lamandau, dan dipimpin oleh Kerapatan Mantir Adat DAD Kabupaten Lamandau.

Penerima gelar diharapkan dapat menjaga perilaku dan martabat secara bertanggung jawab dalam penggunaannya, sehingga memberikan dampak positif terhadap pengembangan Adat istiadat di wilayah masyarakat adat dayak Kabupaten Lamandau.

Kemudian, kepada tokoh masyarakat,  pejabat  yang mendapat gelar adat Dayak Tomun tersebut dapat mencantumkan gelar kehormatannya pada penulisan di sebelah kiri nama yang dipergunakan dalam acara atau kegiatan adat istiadat.

Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana, yang juga ketua DAD Kabupaten Lamandau,dalam sambutannya mengatakan, bahwa penggolaran Adat kepada Ketum PWI itu merupakan sebuah penghormatan dari masyarakat Asat Dayak Tomun Lamandau.

Dalam proses adat tersebut ada sisipan bacaan doa, dengan harapan kebaikan selalu menyertai Atal S. Depari ungkap Bupati Hendra Lesmana. Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketum PWI yang telah datang ke Bumi Bahaum Bakuba dalam rangka peringatan HPN tahun 2023 tingkat Provinsi Kalteng.

Dijelaskan Bupati Kegiatan HPN dirangkai dengan acara daerah Festival Babukung, agar pada saat penyelenggaraan khalayak ramai bahkan  Ketum PWI bisa menyaksikan keindahan dan keragaman budaya  khususnya di Kabupaten Lamandau.

Festival Babukung sendiri salah satu dari 100 Event yang sudah masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Ketum PWI Atal S Depari usai mengikuti prosesi penggolaran adat, mengaku sangat bangga dan senang mendapatkan gelar adat dari masyarakat adat melalui DAD Lamandau. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat di Lamandau. Karena kebaikan, keramahan masyarakat Lamandau sehingga dirinya menerima gelar Adat.

 

(Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments