P. Pisau

Bupati Pulang Pisau Ingatkan Seluruh Pihak Waspada Ancaman Karhurla

PULANG PISAU  – Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tetap waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau hingga saat ini masih mengalami hujan, namun BMKG memperkirakan, puncak kemarau kemungkinan besar akan terjadi pada bulan Agustus 2022 ini,” ucap Taty.

Dirinya menyampaikan, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran telah mengeluarkan surat tertanggal 2 Agustus 2022 kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera menetapkan status siaga darurat karhutla di wilayahnya masing-masing.

Dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan menghadapi puncak musim kemarau. Pada 10 Agustus lalu, Pemerintah Provinsi Kalteng juga menggelar apel kesiapan menghadapi karhutla.

“Saya berharap, semua personil, sarana prasarana, dan sumber daya lainnya dapat disiap siagakan sehingga bencana karhutla tahun 2019 dan 2015 tidak terulang,” harapnya.

Taty juga meminta agar Satgas dapat terus memperkuat sinergi dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla.

“Sehingga kita bebas kabut asap di Tahun 2022 ini dan seterusnya,” tambahnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat bersinergi dengan pihak terkait, tidak terkecuali dengan masyarakat peduli api. Mengingat karhutla yang menyebabkan kabut asap merupakan momok masalah dan menjadi perhatian nasional dan dunia internasional.

“Mengingat kabut asap yang ditimbulkan dari karhutla sangat berdampak terhadap kesehatan, transportasi hingga perekonomian. Untuk itu, sekali lagi saya meminta mari kita cegah karhutla,” demikianlah taty menyampaikan. 30/08/2022.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments