Nasional

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

SURABAYA - Wisata religi menjadi alternatif liburan seru oleh umat muslim, seperti Makam Sunan Ampel di kota Surabaya yang ramai wisatawan untuk berziarah sekaligus membeli kuliner khas timur tengah.

Kampung ampel surabaya adalah kampung Arab di Indonesia yang telah ada sejak tahun 1451.  Mereka datang dengan tujuan berdagang, sekaligus mencari tahu keberadaan seorang wali yang ada di sini. Sebagian besar masih dihuni penduduk asli, dan kental dengan budaya nenek moyang yang berimigrasi ke tanah Jawa.

Meski namanya kampung Arab, tetapi banyak bangunan bercorak hindu jawa seperti ,masjid ampel yang di bangun tahun 1421, dengan memadukan gaya jawa kuno dan gaya Arab, serta di pengaruhi corak budaya Hindu Buddha, yang keseluruhan bangunan dibuat menggunakan kayu jati. Serta bangunan bercorak eropa,china, dan melayu yang terlihat di jalan panggung.

Makam sunan ampel berada di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir. Di sebelah makam sunan Ampel terdapat makam istri pertamanya yaitu, dewi condrowati, atau nyai ageng manila. Selain makam dan masjid, terdapat kampung arab yang terkenal dihuni oleh keturunan arab asli, yang sebagian masyrakat berprofesi sebagai pedagang pernak – pernik muslim, dan pedagang kuliner khas timur tengah seperti, kurma, roti maryam, nasi kebuli, dan air zam—zam.

(Asri Dinda, Michelle)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments