Kotim

Cegah Konflik  Bupati Minta Panitia Pilkades Serentak Pahami Aturan

SAMPIT – Senin, 15/05/2023, Bupati Kotim Halikinnor, mengatakan pentingnya panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 ini untuk memahami aturan terkait pelaksanaan pilkades tersebut untuk mencegah terjadinya konflik.  Ia mengatakan, “Khususnya di Kotim pelaksanaan Pilkades bukan hal yang baru lagi. Jadi diharapkan tentunya akan  lebih berpengalaman, “ ujarnya.

Namun dia tetap meminta panitia pelaksana Pilkades mulai dari tingkat kabupaten, pengawas kecamatan hingga tingkat desa harus benar-benar memahami peraturan yang menjadi pedoman pelaksanaan nya, disini mpanitia pelaksana tidak boleh membuat  kebijakan baru diluar pedoman yang telah ada.

Semua upaya inidilakukan untuk  mencegah terjadinya konflik seperti adanya gugatan dari calon kades yang tidak menerima dengan hasil pilkades nantinya.

Ia menambahkan, “Panitia dalam ini Jangan membuat kebijakan atau membuat kesepakatan bersama. karena nanti pasti akan ada peluang untuk terjadi konflik. Makanya harus sesuai dengan ketentuan yang ada selama ini ,” lugasnya.

Disini  panitia pilkades harus tegas dan menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan pedoman. Dengan begitu, pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar tanpa ada persoalan kedepannya.

Ia mewanti wanti panitia,  “Harus berani tegass, kalau tidak bisa ya tidak bisa. Karena ini akan  membuka peluang bagi yang kalah menggugat. Kalau terjadi gugatan maka akan menghambat apalagi sebentar lagi akan dilaksanakan tahapan pemilihan yang lebih besar yaitu pemilihan legislatif,” ujarnya tegas

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments