Kapuas

Cegah Stunting, Kelurahan Selat Utara Dibantu Pembangunan Jamban Sehat

KAPUAS - Pemerintah kelurahan selat utara, kecamatan selat kabupaten kapuas, provinsi kalimantan tengah, mendapatkan bantuan pembangunan jamban sehat atau mck sebanyak 18 unit dari pemerintah kabupaten kapuas sebagai upaya menekan angka stunting di daerah setempat.

Bantuan pembangunan jamban sehat dari pemerintah kabupaten kapuas kepada pemerintah kelurahan selat utara diberikan untuk warga di handel berkat makmur, rukun tetangga delapan, kelurahan selat utara.

Ditetapkannya handel berkat makmur sebagai lokasi pembangunan jamban sehat, karena dinilai wilayah setempat banyak warga yang buang air besar masih menggunakan jamban yang berada ditepian sungai atau disebut jamban helikopter yang tidak layak untuk kesehatan lingkungan.

Belum lama ini pemerintah kelurahan selat utara bersama warga setempat/ melakukan pembongkaran sejumlah jamban—jamban helikopter yang terdapat ditepian sungai handel berkat makmur kelurahan selat utara.

Pembongkaran dilakukan dengan  cara menarik jamban tidak layak tersebut secara bersama-sama dengan menggunakan tali, sehingga dalam sekejab jamban itu pun roboh.

Adanya bantuan pembangunan jamban sehat ini, mendapatkan sambutan baik dari warga setempat, karena selama ini mereka buang air besar masih menggunakan jamban kayu yang berada di tepian sungai.

Bayah,salah satu warga penerima jamban sehat mengaku senang telah dibangunkan mck tersebut. Bayah berharap dengan adanya jamban sehat akan membuat kesahatan  dirinya dan keluarganya lebih baik lagi.

Sementara itu, lurah selat utara rahmat m noor mengatakan, pembangunan mck atau jamban sehat tersebut, merupakan bantuan dari pemerintah daerah kapuas dalam rangka untuk menekan angka stunting di kabupaten kapuas.

Adapun bantuan yang diberikan pemkab kapuas untuk pembangunan jamban sehat adalah berupa sejumlah bahan-bahan bangunan. Sedangkan untuk pembangunannya dilakukan oleh swadaya masyarakat setempat.

Sebanyak 18 unit bantuan jamban sehat tersebut terdiri dari pembangunan mck untuk umum dan mck bagi warga yang masih menggunakan jamban tidak sehat.

Rahmat berharap, dengan dibangunya jamban sehat tersebut, warga dapat memanfaatkannya dengan baik,dijaga kebersihannya serta dirawat dengan baik.

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments