P. Raya

Cegah varian baru Covid-19, Pemerintah Kalteng percepat pemberian Vaksin Booster Dosis Dua

PALANGKA RAYA – Dr.Suyuti samsul selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dihadapan awak media mengatakan  saat ini golongan lansia usia 60 tahun diperbolehkan mendapat vaksin booster ke dua.

Menurutnya “karena usia lansia berpotensi tertular covid-19, sebagai antisipasi, golongan rentan ini, menjafi fokus utama pemberian booster ke dua, ujarnya lanjut.Apalagi saat ini maraknya varian baru Covid-19, pemerintah mempercepat pemberian vaksin pada usia golongan rentan ini. Sebagai upaya mitigasi peningkatan kasus dan munculnya subvarian baru.

Ia juga mengatakan khusus untuk pemberiaan Booster ke dua ini, akan menggunakan vaksin jenis Indovac, vaksin buatan tanah air kita sendiri yang sudah berhasil dikembangkan dan telah teruji ujarnya.   pemerintah mulai menggenjot kembali cakupan vaksinasi COVID-19, baik dosis lengkap maupun booster.

Kementerian Kesehatan sendiri telah mengizinkan pemberian vaksinasi booster COVID-19 dosis kedua, atau suntikan keempat, kepada lansia berusia diatas 60 tahun. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul, mengatakan vaksin booster kedua Covid-19 atau suntikan dosis ke empat, diprioritaskan untuk kelompok rentan seperti lansia.

Pemberian vaksin bagi lansia disebutkan Suyuti rencananya akan menggunakan vaksin Indovac, yang merupakan vaksin buatan tanah air kita, setelah dilakukan penelitian beberapa tahun, semenjak wabah pandemi Covid-19 mulai melanda dan sampai ke.indonesia. Selasa 29 November 2022. Saat ini dpeekirakan jumlah lansia di Kalteng diperkirakan mencapai 177 ribu, sehingga pemerintah provinsi berharap, vaksinasi booster kedua ini bisa mencapai 80 persen lebih. Seperti yang diketahui kebijakan ini berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022 yang lalu, semoga pandemi ini bisa benar benar berakhir.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments