Barsel

Damang Adat Mitra Pemerintah sebagai Acuan penegakkan hak Adat

Buntok – Keberadaan Damang Adat merupakan mitra pemerintah karena  Damang Adat dari Kecamatan hingga Desa dalam menegakkan, memperjuangkan dan melestarikan hukum maupun hak adat masyarakat.

Lisda Arriyana selaku Pejabat Bupati Barito Selatan, berharap para Damang yang dilantik ini laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya. Hal ini, sambung dia, mengingat tuntutan serta harapan masyarakat untuk peningkatan pelayanan yang ada selama ini .

Ujarnya lagi “Menjadi Damang Adat tugasnya menegakkan hukum adat dan menjaga wibawa lembaga adat kedemangan, menyelesaikan perselisihan dan atau pelanggaran adat yang ada diwilayahnya,” ujarnya.

Dengan keberadaan damang adat ini nantinya bisa memelihara, mengembangkan  dan menggali kesenian dan kebudayaan asli daerah serta memelihara benda dan tempat bersejarah, mengelola hak-hak adat serta membantu pemerintah memberikan informasi terutama dibidang adat tentunya .

Peranan para Damang juga dianggap penting karena dianggap mampu  memelihara dan menjaga stabilitas daerah dan Nasional.

Terkahir dia berpesan, “Kami berterima kasih pada Damang Adat sebelumnya dan begitu pula bagi Damang Adat yang baru dilantik agar dalam tugasnya nanti bisa maksimal mengabdi serta mendorong masyarakat terus menjaga dan melestarikan serta membudayakan falsafah hidup yang  beradat,” tutupnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments