Katingan

Dampak Inflasi, Dinsos Kucurkan 1,2 M Bagi 1200 KPM di  Kelurahan

KATINGAN – Dampak inflasi terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat dirasakan bagi masyarakat terutama dengan kategori tidak mampu. Guna mengantisipasi dampak Inflasi tersebut, pemerintah daerah kabupaten Katingan melalui dinas Sosial, siap mengucurkan dana sebesar 1,2 miliar bagi masyarakat kurang mampu, atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata sebanyak 1200 Kepala Keluarga (KK) khususnya di wilayah Kelurahan dengan besaran bantuan tunai Rp. 900 ribu perkeluarga secara penuh.

Kadis Sosial Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi mengatakan, Pemda telah menganggarkan 4 miliar yang akan disalurkan melalui 4 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dimanah Dinas Sosial mendapat jatah 1,2 miliar.

“Untuk Dinsos, kami siap salurkan 1,2 Miliar, dimanah penyalurannya hanya dibatasi bagi KPM yang ada di tingkat kelurahan,” Ungkap Elmon Sianturi, Senin (12/9/2022).

Lanjut Elmon, penyaluran bantuan langsung tunai dari Dinsos, khusus masyarakat di tingkat kelurahan, pasalnya, untuk kelurahan tidak memiliki dana desa, dibandingkan dengan Desa.

“Jadi untuk Desa sendiri, sesuai arahan dari Kemendes, wajib mengalokasikan dana desa untuk dana bantuan bagi masyarakat akibat adanya inflasi kenaikan harga BBM,” Katanya.
Untuk penyaluran, disebutkan Elmon akan disalurkan secara penuh sebanyak 900 ribu per kepala keluarga.

“Jadi setiap KK akan kita berikan 900 ribu dan dana ini bukan berasal dari bantuan pusat tetapi dari APBD Pemda Katingan,” Tandasnya.


(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments