Kalteng

Pemerintah Harus Dukung Petani Sawit Swadaya

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (PRD) Kabupaten Seruyan berharap agar pengelolan Perkebunan Kelapa sawit masyarakat, bisa mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah daerah untuk dikembangkan karena, merupakan sumber usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat saat ini.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Harry Darmawan menyebutkan potensi perkebunan khususnya kelapa sawit saat ini sangat menjanjikan untuk dikelola, sebab dengan dukungan pontensi alam dan lahan yang luas, sehingga pengembangan kelapa sawit sangat digemari oleh masyarakat setempat.

“Saya rasa berkebun kelapa sawit di tempat kita ini sangat menjanjikan, terlebih lagi saat ini harga tandan buah segar (TBS) sudah ada peraturan yang jelas sehingga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan perkebunanya,” kata Harry Darnawan, Senin 12/9/2022.

Menurutnya, pengelolaan kebun sewadaya milik masyarakat harus dapat didukung dan didorong guna meningkatkan perkonomian masyarakat , sehingga mampu menghasilkan nilai ekonomi, yang tentunya sebagai salah satau upaya pemerintah meningkatan perekonomian masyarakat dan daerah agar lebih baik lagi.

“ Apa lagi saat ini ada batas minimal harga, yang tentunya sangat membantu petani kelapa sawit, sehingga harga dapat terkendali yang tentunya akan menimbulkan jaminan harga jual TBS dari petani sewadaya,” jelasnya

Ditambahkan Harry, peran instansi terkait juga penting dalam membantu masyarakat, sehingga hasilnya dapat maksimal, baik dengan dukungan menjaga standar harga atau pun pemberian bibit unggul. Hal itu di maksudkan sebagai bentuk keterlibatan pemerintah daerah dalam mendukung petani kelapa sawit di wilyah kabupaten Seruyan.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments