Katingan

Dampak Kekeringan di Katingan, “Harga Bahan Pokok meningkat”.

KATINGAN - Minggu 01/10/2023, Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto, mengatakan dihadapan awak media, meningkatnya Harga sembilan bahan pokok (sembako) dan berbagai komoditas di wilayah Kecamatan Katingan Hulu dan sekitarnya mengalami lonjakan signifikan.

Diduga pemicu lonjakan harga beberapa sembako ini  menurutnya, merupakan dampak dari rendahnya tingkat air di beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Katingan dan beberapa sungai lainnya selama beberapa bulan terakhir. Jadi beberapa harga mencapai hampir 50 persen dari harga normal, dan mempengaruhi hampir semua jenis sembako dan komoditas di Katingan Hulu dan wilayah sekitarnya.

Hal tersebut bukan hanya mitos belaka, tapi dilapangan yang terjadi selama ini, distribusi sembako dan komoditas dari para agen, sub agen, dan pedagang selalu mengandalkan perahu dagang, juga dikenal sebagai "kelotok dagang". Namun, dengan musim kemarau saat ini, mereka kesulitan mendistribusikan barang dagangan ke desa-desa karena tingkat air sungai yang terlalu surut. Sebagai solusi, mereka kini mengandalkan perahu kecil yang hanya memiliki kapasitas muatan yang lebih kecil daripada kelotok dagang.Dan tentu saja itu menyebabkan berkuirangnya beberapa bahan pokok yang ada dipasaran.

Sugianto menjelaskan, "Hal ini berdampak langsung pada kenaikan harga sembako dan komoditas lainnya yang beredar di pasaran," ujarnya.

Jadi sudah bisa dipastikan jika bahkan perahu sekecil itu tidak bisa lagi berlayar ke desa-desa di Kecamatan Katingan Hulu dan sekitarnya, harga sembako dan komoditas lainnya akan melonjak secara signifikan.

Saat ini solusi yang bbisa diambil adalah peran aktif Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta Perdagangan setempat dapat mencari solusi untuk mengatasi situasi ini. Tujuannya adalah agar ribuan penduduk di Kecamatan Katingan Hulu yang tersebar di puluhan desa dapat membeli sembako dan komoditas lainnya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan tingkat ekonomi mereka.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments