Kalteng

Danramil 1013-07 Puruk cahu dan jajaran Polsek Murung mengajak masyarakat bergotong royong

PURUK CAHU - Gotong royong yang dilakukan oleh danramil 1013-07 Puruk cahu bersama Polsek dan masyarakat setempat dalam rangka membangun kembali jembatan penghubung menuju pemakaman muslimin di beriwit hulu yang telah lapuk dan tak mampu dilewati lagi tepatnya di RT 6 /RW 2.

Masing-masing dari setiap warga membawa palu, gergaji, gerinda, parang, linggis, bor, dan meteran serta alat lainnya. Untuk kosumsi selama pembuatan jembatan seperti kopi dan kue juga disumbangkan oleh warga sekitar. 

Camat Murung Ivan Sugita saat diwawancara oleh awak media yang hadir di lokasi mengatakan dirinyalah yang menginisiatifkan membangun jembatan ini dengan mengajak warga, Danramil 10/13 - 07 Murung dan lainnya untuk swadaya membeli bahan alat pembangunan jembatan seperti balok ulin, papan ulin, baut dan paku serta alat lainnya.

“Saya melihat kondisi jembatan sangat lapuk dengan usia kurang lebih 30 tahun sangat berbahaya dilewati sedangkan jembatan ini sangat penting terlebih saat membawah jenazah untuk dikuburkan di pemakaman muslimin di berang jembatan,” kata Camat Ivan Sugita. 

Terkait dengan swadaya Camat Murung menjelaskan pihaknya selama ini memang tidak ada mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk perbaikan atau renovasi pembangunan jembatan itu. 

“Karena kami nilai pembangunan jembatan ini juga kecil biayanya jadi kami swadaya saja sama masyarakat dan lainnya, salah satunya juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan jiwa gotong royong warga masyarakat,” ucapnya. 

Untuk proses pembangunan jembatan hingga selesai pengecetan Camat Murung menargatkan akan selesai selama dua hari. 

Sedangkan Danramil 10/13 - 07 Murung Kapten Inf Muhammad Syahroni mengatakan dirinya menyambut baik saat dihubungi untuk swadaya membantu biaya untuk membangun jembatan ini. 

Bahkan dirinya juga turun ke lokasi berjibaku membantu proses pembangunan jembatan bersama dengan Bhabinsa Kelurahan Beriwit Serda Agus Riyanto dan Bhabinsa Desa Mangkahui Sertu Alinursaban. 

“Kami siap kapan pun dibutuhkan untuk membantu warga, ini sebagai salah satu bentuk dari tugas dan tanggungjawab kami selaku Tentara Negara Indonesia (TNI) untuk hadir ditengah - tengah warga yang membutuhkan bantuan,” terang Danramil Kapten Inf Muhammad Syahroni. 

Juga hadir dalam kegiatan gotong royong pembangunan jembatan ini Lurah Puruk Cahu Sebrang Andry Irawan, perwakilan dari Polsek Murung, Ketua RT05/RW01 H. Ilhamsyah dan beberapa Ketua RT lainnya di lingkup kelurahan Beriwit.

(Helmi)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments