P. Raya

Dapil 1 Pemilihan Terendah Bukit Tunggal Dan Dua Kecamatan, Menyita Perhatian KPU.

PALANGKA RAYA - Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Palangka Raya, Trasmianto usai kegiatan Media Gathering Bersama Organisasi Wartawan, Organisasi Televisi, Dan Organisasi Media Siber Serta Wartawan/Jurnalis Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Walikota Dan Wakil Walikota Palangka Raya Tahun 2024 mengatakan, partisipasi pemilih untuk kota Palangka raya pada pemilu tahun 2024 mencapai 80%.

“Yang menjadi tantangan sekarang adalah dipilkada kita berkaca dari Pilkada Pilkada sebelumnya memang partisipasi masyarakat tidak sebesar di pemilu sebelumnya,"Ucapnya.

Lebih lanjut Trasmianto mengatakan, Untuk berupaya meningkatkan partisipasi dengan melalui kerjasama dengan media dan beberapa organisasi masyarakat, untuk memberikan informasi untuk Pilkada Nopember mendatang.

Pemilihan terendah di Dapil 1 yang menyita perhatian KPU kelurahan Bukit Tunggal, dan di dua Kecamatan lainnya yaitu ,Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Rakumpit, kendalanya terkait dengan wilayah Bukit Tunggal Wilayahnya cukup besar, dan kemudian juga di Rakumpit, dibukit batu juga ada kendala Geografis Turut mempengaruhinya.

Ia menambahkan, untuk pengiriman logistiknya juga agak rawan ada 6 wilayah yang  melalui tranportasi jalur air atau sungai, terutama saat debit air  pasang. Untuk Rakumpit ada lima wilayah tranportasi jalur air/sungai dan dua melalui jalur darat. Tapi yang pasti bahwa jumlah pemilih di DPT itu sangat mempengaruhi presentase pemilih. Semakin besar DPT nya mestinya jumlah pemilih yang datang ke TPS semakin banyak.  

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments