P. Pisau

DD TAHAP II PULPIS MULAI DISALURKAN

PULANG PISAU - Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau (Pulpis) Hj Deni Widanarni mengatakan, saat ini pemerintah Desa (Pemdes) diwilayah setempat mulai mengajukan permohonan pencairan Dana Desa (DD) tahap II.

Bahkan menurut pihaknya ada beberapa Desa yang sudah mencairkan DD tahap II tersebut.

"Ya kita mulai menginput persyaratan untuk pencairan dana desa. Bahkan ada 20 Desa yang sudah mencairkan dana tersebut," ucap Kapala DPMD Pulpis saat dibincaingi diruangannya, Kamis (2/9/2021).

Deni menjelaskan untuk pencairan DD ada tiga tahap, yakni tahap pertama 40 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 20 persen.

"Dalam sehari kami didampingi Pemdes hanya mampu menginput 5 Desa," kata Hj Deni.

Ia juga mengungkapkan realisasi penggunaan Dana Desa khususnya tahap pertama untuk wilayah Pulpis berjalan sesuai dengan kebijakan pemerintah Pusat.

Dana dimaksud untuk pengendalian pandemi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga melalui dana desa ditentukan penggunaanya untuk tiga adalah pertama untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, kedua untuk Aksi Desa Aman dari COVID-19, dan ketiga adalah pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 skala desa.

"Untuk BLT berdasarkan laporan tahap pertama itu telah disalurkan untuk 5 Bulan. Sementara realisasi 8 persen untuk penanganan Covid 19 di Desa juga sudah direalisasi," ungkapnya.

Ia berharap proses pencairan dana desa tahap dua ini yang didampingi langsung Pemdes ini dapat berjalan dengan lancar. Sehingga apa yang telah di programkan baik oleh pemerintah pusat hingga Desa dapat dilanjutkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan kondisi pandemi saat ini kita hanya mampu menginfut 5 Desa seharinya. Tapi saya yakin ini akan berjalan dengan baik," tutup Deni.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments