Barut

Desa Lemo II Wakili Barito Utara Lomba Desa Tingkat Provinsi

MUARA TEWEH - Tim penilai lomba Desa/Kelurahan tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 melaksanakan penilaian di Desa Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (20/6/2023). Kepala Desa Lemo II, Elly Sukaesih mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses perbaikan dan pembangunan di desa Lemo II.

Sehingga kata dia, dapat mewakili kabupaten Barito Utara dalam penilaian lomba Desa Kelurahan berprestasi tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.  Ely berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada desa kelurahan lain di Barito Utara dalam upaya membangun desa/kelurahan di segala sektor.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, menyampaikan bahwa Pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan harus didahului dengan evaluasi. Baik perkembangan desa dan kelurahan yang dinilai dan ikut dalam lomba desa dan kelurahan adalah yang berkembang dan cepat berkembang sedangkan yang tidak berkembang tetap menjadi perhatian untuk dibina.

Menurutnya, Pemerintah daerah selalu berupaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa khususnya pelaksanaan lomba desa secara objektif sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat dengan acara seremonial. 

“Akan tetapi lebih dari itu yang kita harapkan adalah betul-betul merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama sebagai aparatur pemerintah,” kata Wabup.

Ketua tim Penilai Lomba desa kelurahan provinsi Kalimantan Tengah, Akhmad Suwandi, MT menyampaikan yang menjadi fokus penilaian adalah sejauh mana peran pemerintah desa beserta aparatnya.

Selain itu, juga PKK desa yang menjadi kewenangannya dalam melakukan proses pelayanan pemerintahan, pembangunan secara fisik, pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pelayanan kesehatan dan pengembangan bidang ekonomi masyarakat khususnya koperasi dan Bumdes.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments