Barsel

Desa Malitin Rutin Posyandu Tiap Bulan

BUNTOK - Desa Malitin, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, secara rutin melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat setempat  melalui posyandu balita dan posyandu lansia. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat desa khususnya dalam bidang kesehatan, pemerintah Desa Malitin, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah secara rutin menggelar pemeriksaan kesehatan melalui posyandu. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan gizi pada bayi dan balita, sertu guna mengetahui tumbuh kembang pada bayi dan balita, selain itu juga pemeriksaan ibu hamil.

Happy Indria Kusuma selaku bidan Desa Malitin mengatakan Posyandu balita digelar disetiap awal bulan. Hanya saja untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya  biasanya setiap bulan Agustus akan diberikan vitamin A kepada balita  akan tetapi pemberian vitamin A akan diberikan pada bulan Oktober, hal itu sesuai dengan surat edaran dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Dalam kegiatan posyandu balita dilakukan pemeriksaan tinggi badan, juga pembagian susu dari perusahaan yang berada diwilayah desa setempat, selain itu juga pemberian makanan tambahan. Hal itu dimaksudkan supaya para ibu bisa meniru dalam memberikan menu kepada balitanya.

Lebih lanjut Happy Andriani menyampaikan selain posyandu balita, Desa Malitin juga secara rutin melaksanakan posyandu lansia. Melalui posyandu lansia pihaknya melayani pemeriksaan kesehatan kepada warga yang berusia dari 15 tahun hingga berumur 59 tahun. Sedangkan pemeriksaan kesehatan itu meliputi berat badan, tinggi badan, selain itu pemeriksaan lingkar perut. Tak hanya itu posyandu lansia juga melayani pemeriksaan gula darah, kolesterol serta asam urat. Kegiatan itu rutin selalu dilaksanakan menurutnya pemeriksaan kesehatan itu guna mengetahui penyakit yang tidak menular bagi masyarakat Desa Malitin .

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments