Kalteng

Desa Nanga Pemubuh Deklarasi ODF

SEKADAU - Desa Nanga Pemubuh, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, kini telah melaksanakan deklarasi open defecation free (odf) atau setop buang air besar sembarangan. Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau terus mendorong desa-desa untuk menjadi desa ODF. Hal ini sebagai langkah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di kabupaten sekadau, salah satunya dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan.

Bupati Sekadau, Aron, mengatakan saat ini water closet (WC) menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga. Untuk itu, Pemkab Sekadau mendorong agar setiap rumah memiliki wc.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Pemerintah ingin mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, salah satunya dengan memiliki wc sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat. Aron mengatakan, jika lingkungan bersih, maka kualitas hidup masyarakat juga menjadi sehat. Ia juga mengajak masyarakat untuk proaktif menjaga kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya.

Aron menegaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau sangat mendukung desa-desa, khususnya yang belum odf agar mempersiapkan diri melaksanakan deklarasi. Ia juga meminta dinas terkait untuk membuat target capaian odf setiap tahunnya.

Target ini dibuat dengan tujuan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dapat membuat evaluasi capaian kinerja setiap tahunnya. Aron juga berpesan kepada kepala desa untuk mengelola apbdes dengan baik guna mensejahterakan masyarakat.

 

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments