Katingan

Destinasi Unggulan Kabupaten Katingan

KASONGAN - Bukit Batu merupakan salah satu obyek wisata alam yang terdapat di Kalimantan tengah. Selain dikenal dengan keindahannya, bukit batu dikenal dengan kisah mistis yang dialami oleh Tjilik Riwut ,salah satu pahlawan nasional dan tokoh pendiri Provinsi Kalimantan Tengah.

Bukit Batu yang terletak di jalan Trans Kalimantan, Kasongan lama, Kecamatan Katingan hilir, kabupaten Katingan merupakan salah satu obyek wisata alam yang berada di provinsi Kalimantan tengah. Bukit Batu ini merupakan sebuah obyek wisata yang menyimpan keindahan yang sangat sayang jika dilewatkan.

Sesuai dengan namanya, menurut legenda Bukit Batu ini merupakan tempat bertapa Tjilik Riwut seorang pahlawan nasional putra Dayak. Di sekitar bukit batu pengunjung akan melihat kain-kain berwarna kuning yang diikatkan pada tiang atau pohon. Hal ini merupakan ritual dari kepercayaan asli masyarakat Dayak yang menganut kepercayaan Hindu Kaharingan, sehingga aura mistis akan dapat anda rasakan saat berada di kawasan Bukit Batu ini.

Tidak hanya menyimpan legenda yang menarik, obyek wisata yang satu ini memang menyimpan daya tarik luar biasa. Batu batu besar yang tersusun saling bertumpuk seakan-akan merupakan batu buatan. Padahal batu batu ini tersusun secara alami dan secara acak.

Begitu memasuki kawasan Bukit Batu, pengunjung akan disambut dengan tulisan Petehku ISEN MULANG, Tjilik Riwut. Tulisan tersebut jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti pesanku Pantang Mundur. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Bukan hanya bebatuannya saja yang menawan, pengunjung juga bisa menuju bagian barat Bukit Batu ini. Di sana pengunjung akan menemukan sumber air yang bernama Telaga Bawin Kameloh. Telaga ini memiliki keistimewaan ,dimana airnya tidak pernah menyusut ataupun mengering. Air yang ada ditelaga ini diyakini bisa membuat awet muda.

(Cindy Meila Dewi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments