Kalteng

Dewan Minta Kelola SDA Secara Berkelanjutan

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, berharap agar pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), bisa dikembangkan lagi. Juga agar bisa dikelola secara berkelanjutan demi meningkatkan pendapatan daerah atau peningkatan ekonomi masarakat di Kabupaten Seruyan.

Anggota DPRD Seuyan Bejo Riyanto mengatakan bahwa di wilayah Kabupaten Seruyan ini banyak sekali potensi yang bisa di lkembangkan seperti perikanan, perkebunan dan berbagi hal lainya. Ini mampu menjadi sebagi peningkatan sektor pendapatan.

“Wilayah kita ini sangat banyak sekali, sumber daya alam yang bisa dikelola secara berkelanjutan, dan itu semua sangat berpotensi sebagi peningkatan ekonomi, atau pun sebagai PAD (pendapatan asli daerah) daerah kita,” ujar Bejo Riyanto Jumat, (08/04/2022). Bejo menyampaikan bahwa di Kabupaten Seruyan ini memiliki sektor sumber daya alam yang cukup terkenal, dan menjadi salah satu sumber usaha utama masyarakat yakni di bidang perikanan.

Hal tersebut merupakan bentuk sumber daya alam yang harus dikelola secara berkelanjutan, butuh sekali campur tangan dari pemerintah daerah agar tetap menjaga keberlangsungan habitat perikanan tersebut. Caranya dengan memberitahukan cara penangkapan ikan yang benar serta memberitahukan larangan yang akan menghancurkan habit perikanan tersebut.

“Tempat kita ini hasil perikanan cukup melimpah baik hasil laut atau ikan sungai. Hal ini harus tetap kita perhatikan, masyarakat harus dilibatkan dalam menjaga alam tersebut, seperti larangan penangkapan ikan menggunakan racun atau strum, yang nantinya akan merusak habitat perikanan itu sendiri, maka dari itu harus ada pengelolaan yang tepat dan berkelanjutan agar hasil perikanan tersebut bisa dinikmati sampai anak cucu kita nanti,” paparnya.

Dirinya sangat berharap agar pengelolaan SDA yang ada di wilayah Kabupaten Seruyan dapat terus dikembangkan, agar mampu menjadi pendongkrak ekonomi daerah maupun masarakat, sehingga kesejahteraan maasarakat dapat terjamin sebab di dukung dengan sumber penghasilan yang mencukupi.

(Giya/Altius) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments