Business

Dewan Minta Siapkan Penyuluh yang Handal

FOTO: BEJO RIYANTO 
KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto SE dinas pertanian (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan) setempat agar bisa membantu masyarakat memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada petani. 

“Salah satu caranya dengan menyiapkan tenaga penyuluh yang handal dan memiliki kompetensi di bidang pertanian,” kata Bejo, Sabtu (22/05/2021).

Hal ini diungkapkannya, menanggapi keluhan petani padi yang merasa hasil panennya masih belum maksimal tidak sesuai dengan harapan mereka.

Menanggapi keluhan tersebut Bejo Riyanto, mengatakan bahwa kegiatan petani di Kabupaten Seruyan selama ini belum terkelola dengan maksimal masih banyak para petani melakukan kegiatan pertaniannya secara tradisional hingga menyebabkan petani belum bisa mencapai hasil yang maksimal. Sebab,  kemampuan petani yang masih terbatas dalam pengelolaan lahannya.

“Kedepannya saya berharap kepada dinas yang terkait, bisa memberikan penyuluhan kepada petani hingga mendapatkan pemahaman bagaimana cara mengelola lahan pertanian yang benar untuk menuju petani yang sejahtera,” paparnya.

Demi membantu para petani, tegasnya, anggota dewan telah melakukan kesepakatan dengan dinas pertanian, seperti menyiapkan progam yang memudahkan petani dalam mengolah lahannya dengan rencana pengadaan hand tractor sekitar 100 unit.

“Tapi bantuan ini bukan hibah, melainkan dengan program pinjam pakai supaya menghindari terjadinya penumpukan alat di wilayah atau kelompok tani tertentu. Sehingga petani yang belum memiliki hand tractor bisa menggunakan alat tersebut untuk mengolah lahannya,” pungkas Bejo.

 

(Giya/Altius Utama)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments