Seruyan

Dewan Minta Sirkulasi Sewa Alsintan Diawasi

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta pada pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar bisa melakukan pengawsan terhadap sirkulasi sewa alsintan, sebab banyak masyarakat mengeluhkan sulitnya mendapatkan sewa alsintan dari dinas.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto , menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait alsintan yang disewakan oleh DKPP yang dirasa masih belum jelas aturanya seperti lama pakai sehingga yang lain bisa juga menggunakannya.

“ Dalam hal ini kami sangat sering mendapatkan keluhan masyarakat terkait alsintan, seperti Combine yang di sewakan DKPP sangat sulit didapatan, sehingga banyak petani yang memanen hasil sawahnya secara manual. Hal ini menurut kami harus di perhatikan, jangan sampai hanya segelintir orang saja yang bisa menyewa. Harus ada aturan jelas lama sewa sehingga pihak lain juga bisa memanfaatkan alat tersebut,” Katanya Rabu 28/6/2023.

Menurutnya aturan sirkulasi sewa alsinta masih belum jelas sehingga petani bisa mendapatkan alsintan yang disediakan oleh pihak DKPP. Dengan adanya aturan pakai maka pemerataan bagi petani bisa dilakukan.

Pihaknya berharap jangan ada monopoli oleh pihak tetentu terkait sewa alsintan, sebab alsintan tersebut diadakan guna mendukung para petani yang kesulitan alat untuk mengolah lahanya. Jangan sampai malah dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri.

“ Progaram sewa ini dibikin bertujuan untuk memudahkan petani mendapatkan alsintan dalam menggarap lahannya.  Makanya harus ada aturan lama sewa dan wajib di kembalikan setelah waktu yang ditentukan, sehingga masyarakat yang lain juga bisa menggunakan alat tersebut,” Jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments