Seruyan

Dewan Sarankan Pemilihan Ketua Koerasi Dilakukan Melali Pemilihan

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten seruyan menyarankan agar jabatan ketua koperasi dilakukan dengan cara pemilihan oleh anggotanya sehingga didapat pemimpin yang bertanggung jawab atas anggotanya.

Anggota DPRD seruyan Bejo Riyanto mengatakan hal tersbut menyikapi permasalahan yang sering terjadi antara masyarakat dan ketua koperasi, oleh karena itu dinya menyarankan agar pemilhan ketua bisa dilakukan dengan cara pemilihan sehingga ada tanggung jawab saat menjabat ketua nantinya.

“Sebenarnya saya sangat berharap agar pemilihan anggota koperasi dilakukan dengan system pemilihan jadi pemimpin yang ditunjuk tentu akan lebih bertanggung jawab dengan anggotanya sebab hasil dari pemilihan,” Katanya Rabu 31/5/2023.

Hal tersebut di sampaikanya menyikapi permasalahan pada Koperasi Serba Usaha Danau Sejahtera (Kosudra) di Desa Sembulu, Kecamatan Danau Sembuluh yang berpolemik antara pengurus dan anggotanya.

Dijelaskanya bahwa berdirinya koperasi sebagai bentuk organisasi ekonomi yang bertujuan untuk mensejahterakan semua anggotanya sehingga diperlukan pemimpin yang bersifat membela anggota dan dilakukan musyawarah setiap ada keputusan atau kebijakan yang akan diambil.

“Tujuan Koperasi dibentuk adalah sebagai bentuk organisasi yang akan meningkatkan perekonomian anggotanya, namun di budaya tempat kita ini lain, ketua seolah-olah pemilik yang berhak menentukan keputusan, jadi inilah yang sering menimbulkan peramslahan dan ini harus dibenahi dan di rubah sehingga sitem dan aturan yang berlaku bisa ditaati semuanya,” Punkasnya.

(Giya)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments