Barut

Dinas Kesehatan Gelar Pertemuan Monitoring Program Puskesmas Se Barut

BARITO UTARA   - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi program Puskesmas se Kabupaten Barito Utara, di Aula Dinas Kesehatan Muara Teweh, Rabu (15/9/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Barut,  Siswandoyo mengatakan,  evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara membandingkan rencana yang dibuat dengan hasil yang telah dicapai.

Menurunya, Evaluasi merupakan instrumen penting untuk membantu pengambilan keputusan sejak tingkat perumusan kebijakan maupun pada tingkat pelaksanaan program.

Dikatakannya,  evaluasi hasil kegiatan yang akan dilaksanakan harus dapat digunakan untuk menyusun rencana kegiatan yang akan datang berdasarkan kebutuhan masyarakat sebagai sasaran kegiatan program, hasil evaluasi kinerja tahun lalu dan SPM Kesehatan.

Ditambahkan Siswandoyo Puskesmas mempunyai kewenangan untuk melakukan pengelolaan program kegiatan. Untuk itu perlu didukung kemampuan manajemen yang baik.

Manajemen Puskesmas,  lanjutnya  merupakan suatau rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergi meliputi perencanaan  pergerakan pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan. Selain itu merupakan penilaian capaian program di masing-masing Puskesmas di daerah ini pada umumnya serta capaian SPM pada khususnya.

Kepala Dinas Kesehatan menambahkan,  tujuan dari kegiatan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan fungsi Dinas Kesehatan dan Puskesmas melalui kerjasama tim,  baik lintas program maupun luntas sectoral.

Selain itu juga untuk memantau hasil kegiatan, teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiartan di Dinas Kesehatan serta Puskesmas. Diharapkan semua Puskesmas melaksanakan pelayanan selama 24 jam sehingga pelayanan puskesmas lebih optimal.

Agar pelaksanaan program kesehatan dapat terselenggara dengan baik, maka perlu adanya pertemuan monitoring dan evaluasi program Puskesmas se Barito Utara tahun 2021, guna meningkatkan kualitas pelayanan serta pemahaman yang baik dan maksimal terhadap program di masing-masing puskesmas.

Sementara Kasi Kesehatan Primer, Kesehatan Tradisional dan Kegawat daruratan Dinas Kesehatan, Askiah mengatakan, kegiatan pertemuan ini diikuti oleh 19 orang,  yang terdiri dari 17 Puskesmas se Barito Utara, satu orang kepala gudang farmasi dan satu orang kepala Laboratorium Kesehatan Daerah.

(Mardedi/Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments