P. Raya

Dinas Kesehatan Propinsi kalimantan Tengah Menerima 9 (Sembilan)  Tenaga Kesehatan

PALANGKA RAYA – Pemprov Kalteng melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menerima sekaligus menyerahkan 9 (sembilan) orang Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Nusantara Sehat Individu Periode dua untuk Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Baksi Husada Dinas Kesehatan Prov.Kalteng, Selasa (02 Agustus 2022).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Prov Kalteng dr.Damar Pramusinta, sesuai dengan surat tugas Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan No. DG.02.02/2.2/2539/2022 tanggal 27 Juli 2022 tentang Pengangkatan Tenaga Kesehatan Dalam Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat Individual Periode II Tahun 2022.

Kabupaten yang menerima 9 (sembilan) orang Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Nusantara Sehat Individu Periode dua yaitu Kabupaten Gunung Mas 3 (tiga) orang untuk didayagunakan di Puskesmas Tumbang Mariko dan Tumbang Napoi, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 2 (dua) orang untuk didayagunakan di Puskesmas Arut Utara dan Sambi, dan Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 4 (empat) orang untuk didayagunakan di Puskesmas Jabiren dan Sebangau.

Kabid Sumber Daya Kesehatan dr. Damar Pramusinta saat membacakan sambutan Kadis Kesehatan secara tertulis meyampaikan penguatan pelayanan kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, namun demikian belum semua masyarakat menikmati hasilnya secara merata, terutama bagi masyarakat di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, umumnya mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan primer yang berkualitas dikarenakan kondisi geografi, topografi, transportasi, akses komunikasi, tingginya tingkat kemiskinan penduduk dan berbagai masalah sosial lainnya yang mereka hadapi, serta sumber daya kesehatan yang belum memadai terutama Sumber Daya Manusia Kesehatan yang belum memenuhi standar yang titetapkan, imbuhnya.

Dalam rangka penguatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan serta untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan pendekatan  keluarga,  Kemenkes telah membentuk Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) agar dapat  melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai  kompetensi dan kewenangannya di Puskesmas.

Kepada Kementerian Kesehatan RI, dr.Damar Pramusinta menyampaikan terima kasih atas penempatan Peserta Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Provinsi Kalimantan Tengah. Kami berharap pada periode selanjutnya kami masih diberikan peserta Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual atau Tim  pada puskesmas-puskesmas lainnya yang SDMKnya belum memenuhi standar.

Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten, ia berharap adanya dukungan dan komitmen bagi keberlangsungan program Nusantara Sehat ini dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada tatanan puskesmas. Keberlangsungan pelayanan kesehatan primer pasca penugasan khusus Tim / individual, kiranya menjadi pertimbangan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk dapat memenuhi kebutuhan SDMK sesuai dengan standard. Tambah dr.Damar Pramusinta.

Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah  dengan bangga dan penuh rasa syukur menerima kehadiran dan bakti Saudara sekalian di Provinsi Kalimantan Tengah. Kami mengucapkan “Selamat Bertugas” di Provinsi Kalimantan Tengah, Kami berharap, Saudara sekalian betah dan mempunyai kesan yang positif pada daerah yang akan ditempati, dapat menyelesaikan penugasan ini sampai waktunya,” tutupnya.

Turut Hadir yang menyerahkan Perwakilan Kepala Bagian Pengadaan Pegawai Dirjen Tenaga Kesehatan Akbar Hendi Pratiasa, Perwakilan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Sujaya, Serta perwakilan yang menerima secara langsung Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus individu dari Dinkes Kabupaten Gunung Mas, Dinkes Kabupaten Kotawaringin Barat dan Dinkes Kabupaten Pulang Pisau. 

 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments