P. Pisau

Dinas Kesehatan Pulang Pisau Canangkan Pemberian Obat Pencegahan Massal Filariasis

PULANG PISAU -  Pada hari Rabu (28/08/2024), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, mengumumkan pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis di wilayah tersebut.  Program ini diluncurkan sebagai respons terhadap penemuan kasus penyakit kaki gajah (filariasis) di masyarakat. Dari pemeriksaan darah yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, ditemukan lima kasus positif dari 1.050 penduduk yang diperiksa di 30 desa di Kabupaten Pulang Pisau.

Pande menegaskan bahwa hasil evaluasi ini menunjukkan masih adanya penularan aktif penyakit kaki gajah di daerah tersebut. "Kasus-kasus ini menjadi tanda bahwa penularan masih terjadi di Kabupaten Pulang Pisau," ujarnya.

Filariasis, yang dikenal juga sebagai penyakit kaki gajah, merupakan penyakit tropis terabaikan yang disebabkan oleh infeksi cacing parasit. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk, dan menyerang sistem getah bening. Akibatnya, penderita mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, yang dapat menyebabkan kecacatan permanen.

"Penyakit ini tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, tetapi juga berdampak pada produktivitas dan ekonomi keluarga serta dapat menimbulkan stigma sosial," jelas Pande.

Upaya ini diharapkan dapat menghentikan penyebaran filariasis di Kabupaten Pulang Pisau, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit tropis tersebut.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments