P. Raya

Dinas Pariwisata Dan kebudayaan Provinsi Kalteng Dan Ketua PKK Provinsi Kalteng Kegiatan Cegah Stanting

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Adiah Chandra Sari menghadiri kegiatan Bincang Santai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema Stunting. Kegiatan ini digelar di halaman Kantor Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah yang di hadiri Ketua TIM Penggerak PKK yang juga selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran.

Hadir pula Kepala OJK Otto Fitriandy, Perwakilan Bank Indonesia, Bank Kalteng, Kepala Perwakilan BKKBN, Kepala Disprindag, Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta undangan lainnya, Jumat 3 Februari 2023.

Pada kesempatan tersebut Ivo Sugianto Sabran menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan yang digagas oleh OJK ini dan mengajak semua pihak untuk bahu -membahu menekan angka stunting melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi. Karena untuk menekan angka stunting bukan hanya menjadi kewajiban dan tugas satu dinas atau dinas tertentu saja melainkan seluruh instansi dapat turut serta memperhatikan pencapaian program dan kegiatan untuk menekan angka stunting.  Percepatan penurunan stunting menjadi program prioritas utama bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada sesi diskusi, Kepala Dinas menyampaikan bahwa terkait permasalahan stunting tidak hanya berbicara tentang kesehatan, ekonomi dan rendahnya tingkat pendidikan saja, tapi juga pola asuh dan pola pikir yang masih banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosial, agama, kebiasaan, tradisi adat, dan budaya. Oleh karena itu, pendekatan sosial dan budaya perlu sekali dilakukan terhadap masyarakat melalui para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat serta para pelaku seni, dan budaya.

Pendekatan melalui pertunjukan seni dan budaya mungkin akan lebih mudah dipahami masyarakat, seperti kampanye perlawanan terhadap stunting melalui lagu daerah (karungut, dab lain lain), cerita legenda, kisah atau seni bertutur, sendratari serta seni pertunjukan lain yang bisa mengangkat tema tentang bahaya stunting.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments