Bartim

Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Barito Timur Gelar Lomba Cipta Menu Dan Kreasi Olahan Lokal

TAMIANG LAYANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga atau TP PKK menggelar kegiatan lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA di aula Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan setempat, Sabtu 15 Juli 2023.

Kegiatan lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal b2sa tersebut dibuka ketua TP PKK Barito Timur, Ny. Munita Mustika Dewi Ampera Ay Mebas, hadir pula kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan, lurikto beserta jajarannya, ketua gabungan organisasi wanita atau gow, pengurus TP PKK kabupaten dan tingkat kecamatan se Barito Timur.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan piala bergilir dari TP PKK Kacamatan Awang selaku pemenang lomba pada tahun lalu kepada kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto menyampaikan, Undang-Undang No. 7 Tahun 1996 tentang pangan mengamanatkan bahwa pembangunan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat.

Berkaitan dengan hal ini, peran pemerintah daerah sangat penting karena merupakan ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Disamping itu pemerintah daerah dinilai memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk dapat mengolah sumber daya lokal yang berpotensi untuk pengembangan ketahanan pangan.

Dilanjutkannya, sejalan dengan bertambahnya Penduduk Kabupaten Barito Timur maka kebutuhan konsumsi terhadap beras cukup tinggi. Untuk mengurangi konsumsi beras perlu dilakukan upaya diversifikasi bahan makanan, salah satunya adalah mengembangkan sumberdaya pangan lokal seperti, singkong, kacangan-kacangan dan lainnya.

Dirinya berharap dengan dilaksanakannya lomba  cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal b2sa bisa mengedukasi masyarakat dengan pola hidup sehat dan dapat menerapkan di setiap lini pemanfaatan pangan lokal.

Hasil lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal b2sa sebagai juara umum atau juara pertama adalah kecamatan dusun tengah, juara 2 kecamatan raren batuah, juara 3 kecamatan paku, untuk harapan 1 diraih Kecamatan Awang, harapan Kecamatan Karusen Janang, harapan 3 kecamatan paju epat, untuk juara favorit diraih Kecamatan Dusun Timur dan juara kreatifitas kecamatan patangkep tutui.

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments