Kalteng

Dinas Pertanian Kembangkan Pasar Tani Untuk Rakyat

BARITO UTARA - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, menggelar kegiatan Pasar Tani pada setiap pagi di hari Jumat, mengambil tempat di samping kantor dinas pertanian, Jalan Yetro. Sinseng, Kota Muara Teweh.

Pasar Tani dibuka untuk menjual produk pertanian kepada warga, yang merupakan hasil pertanian lokal atau berasal dari petani sekitar.

Sekretaris dinas pertanian, Aliansyah mengatakan, kegiatan ini terus dikembangkan, agar inovasi pertanian terus berjalan untuk kemajuan para petani dan warga sekitar. Selain menjual sayur dan buah buahan hasil dari petani, juga  menjual produk unggulan hasil di daerah.

Selama ini hasil produk unggulan jarang ditampilkan atau dijual secara terkoordinir. Oleh karena itu  sekda meminta agar dinas terkait, seperti pertanian ketahanan pangan dan dinas perindustrian saling berkoordonasi untuk pemasaran produk unggulan tersebut.

Pengembangan hasil pertanian merupakan program pusat, baik penambahan lahan, juga hasil produksi. Dengan dibukanya pasar tani setiap Jumat. Nantinya harga dapat bersaing dengan sayur dan buah dari luar daerah. Karenanya produksi lebih ditingkatkan lagi. Apalagi muncul wacana membuat sentral produksi atau agrowisata di Kecamatan Teweh Selatan dan Teweh Tengah. Sesuai program pemerintah pusat pengembangan pertanian harus ada ketersedian lahan.

 

(Mardedi/Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments