Barsel

Dinas terkait diminta Inventarisir Pustu dan Poskades yang alami kerusakan

BUNTOK – Baru baru ini dari hasil data yang ada dilapangan, terkait adanya laporan mengenai Putu dan Puskedes di beberapa desa yang mangalami kerusakan, hal ini mambuat Anggota DPRD Barsel  H. Raden Sudarto SH menyarankan agar instansi terkait menginventarisir bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Poskesdes yang kondisinya rusak di sejumlah desa di daerah setempat.

Ia mengatakan dihadapan awak media pada hari Jumat, 28/04/202, “Saat ini kita menindaklanjuti  pembahasan beberapa waktu lalu, dan meminta agar dinas terkait menginventarisir pustu dan poskesdes yang kondisinya mengalami kerusakan tersebut,”  ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, seluruh pengerjaan nantinya  agar perehabannya bisa dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tentunya.

Ujarnya lanjut,  “ Dari hasil rapat tersebut perhitungan  anggaran untuk bidang kesehatan dalam APBD itu sebesar 20 persen jadi kalau dianggarkan untuk perbaikan pustu dan poskesdes masih bisa dilakukan secepatnya,” ujarnya.

Apalagi menurutnya  perehaban ini penting agar masyarakat desa bisa pergi  berobat pada pustu, dan begitu juga untuk bangunan poskesdes untuk bidan desa. Meskipun menurutnya, memang ada kendala  setelah dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan, Karena nantinya nantinya pembangunannya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan program menggunakan DAK ini dalam setiap tahunnya anggarannya tidak selalu sama.

Selanjutnya ia menambahkan apabila nantinya perehaban bangunan pustu dan poskesdes tersebut tidak bisa dilakukan rehabnya menggunakan DAK, diharapkan pemerintah kabupaten supaya bisa mencari solusi lain agar bangunannya dihibahkan kepada pemerintah desa setempat.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments