Kapuas

Dinkes Kapuas Gelar Pemeriksaan Iva Dan Sadanis Di Basarang

KAPUAS - Dalam rangka peringatan hari kanker se dunia tahun 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar pemeriksaan iva dan sadanis secara gratis, pada Selasa 14 Februari 2023. 

Kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis atau screning kanker leher rahim dan kanker payudara ini berlangsung di upt puskesmas kecamatan basarang yang diikuti sebanyak 38 orang yang terdiri dari para ibu-ibu di wilayah kecamatan setempat.

Pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Dokter Tonun Irawaty panjaitan mengatakan, pemeriksaan iva dan sadanis ini dilaksanakan dalam rangka hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 februari 2023.

Adapun hasil dari kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis ini dinyatakan semuanya negatif. Menurut Dokter Tonun Irawaty hal ini menandakan bahwa wanita-wanita yang ada di kecamatan basarang bisa dibilang sehat dan tidak ada terindikasi kanker leher rahim.

Dokter tonun pun mengimbau kepada wanita-wanita di kabupaten kapuas untuk memeriksakan iva dan sadanis, karena untuk pemeriksaan dilakukan oleh dokter dan bidan terlatih serta pemeriksaan tanpa dipungut  biaya atau gratis baik di puskesmas, postu dan poskesdes. 

Sementara itu wayan resni warga desa basarang jaya, mengatakan kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan kabupaten kapuas ini sangat baik sekali karena masyarakat sangat terbantu. Untuk itu dia pun berharap kegiatan pemeriksaan iva dan sadanis ini dapat terus dilaksanakan. 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments