Kalteng

Disdik Kapuas Gencar Sosialisasi Belajar dari Rumah

KAPUAS - Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, gencar mensosialisasikan penerapan pembelajaran dari rumah atau BDR kepada satuan pendidikan di daerah setempat.

Kegiatan sosialisas dipusatkan di UPTD Pendidikan Kecamatan Kapuas Tengah, tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 3 Pujon. Sosialisasi ini diikuti dua koordinator wilayah atau korwil bidang pendidikan Kecamatan Kapuas Tengah dan korwil bidang pendidikan Kecamatan Pasak Talawang, serta para Kepala Sekolah SD, TK dan PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat mengatakan, pihaknya gencar melaksanakan sosialisasi BDR dengan harapan agar kepala sekolah, guru, dan orangtua tidak salah dalam menafsirkan petunjuk standar operasional prosedur atau SOP BDR.

Suwarno Muriyat menjelaskan, dalam SOP BDR ada pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan apabila tersedia jaringan internet dan siswa juga memiliki smartphone, dengan memanfaatkan aplikasi belajar dari rumah yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan.

Apabila jaringan internet dan smartphone tidak tersedia, otomatis pembelajaran dilakukan dengan system luring. Dinas Pendidikan sudah membuat satu modul pembelajaran yaitu guru yang datang ke tempat siswa.

Menurut Suwarno Muriyat, sosialisasi belajar dari rumah ini akan terus dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di semua kecamatan di Kabupaten Kapuas, sehingga pelaksanaan penerapan BDR di tengah pandemi Covid-19 saat ini bisa berjalan dengan baik.

(IR/MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments