P. Raya

Disdik Kolaborasi Dengan PAMA-TTA GROUP, Untuk Ciptakan Peningkatkan Kualitas SDM

PALANGKA RAYA - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. A Syaifudi menerima kunjungan dari CSR Dept. Head PAMA SMMS sekaligus Ketua Pengurus Harian Yayasan Bina Harati Pama Achmad Ibnu Hasan beserta jajaran. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Rabu 30 Maret 2022.

Plt. Kadisdik  mengutarakan bahwa pihaknya siap melakukan pendampingan terhadap sekolah yang didirikan oleh PAMA-TTA GROUP.

“Kami dari Dinas Pendidikan siap melakukan pendampingan, support, untuk SMK Maharati, dan nantinya SMK ini juga akan dilibatkan dengan program-program Pemerintah”, tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pengurus Harian Yayasan Bina Harati Pama Achmad Ibnu Hasan mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, dalam program pembinaan yang dijalankan. Ibnu pun berharap kolaborasi antara perusahaan dan Disdik Prov. Kalteng dapat terus ditingkatkan agar bisa bersama-sama mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia di area Kalteng.

“Kami sangat berterimakasih karena sudah disambut dan diberikan kesempatan berdiskusi dan kami telah menyampaikan progres pembinaan kami. Dikesempatan kali ini, kami memohon kepada Pemerintah melalui Dinas Pendidikan untuk berkolaborasi karena tentunya yang mana backgroundnya yang tidak berkopetensi di bidang pendidikan, tentunya membutuhkan support dari Bapak Kepala Dinas”, ucap Achmad Ibnu Hasan.

Sebagaimana diketahui, PAMA-TTA GROUP (PT Pamapersada Nusantara, PT Asmin Bara Bronang, PT Suprabari Mapanindo Mineral, PT Telen Orbit Prima, PT Kalimantan Prima Persada, PT Energia Prima Nusantara, & PT United Tractors) bersama YPA-MDR (Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim) menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) berupa pembinaan pendidikan berkelanjutan dan menyeluruh terhadap 20 sekolah yang ada di sekitar area kerja perusahaan, yaitu 11 sekolah di Kabupaten Kapuas dan 9 sekolah di Kabupaten Barito Utara. Pembinaan pendidikan berkelanjutan dan menyeluruh yang dijalankan secara intensif mulai dari tahun 2019 ini berupa peningkatan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan pedagogi, karakter, manajemen sekolah, dan lainnya; Pemberdayaan guru honor berupa pemberian insentif bagi 89 guru honor yang tersebar di 20 sekolah binaan; Bantuan infrastruktur berupa pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran; Penyerahan bantuan media pembelajaran, buku, dan alat peraga; Pendampingan lomba terhadap guru dan siswa; Berbagai pembinaan akademik dan nonakademik bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Langkah besar diambil oleh PAMA-TTA GROUP pada tahun 2020 lalu, yaitu dengan mendirikan sebuah sekolah vokasi SMK Maharati. Pendirian sekolah ini menjadi salah satu komitmen besar PAMA-TTA GROUP dalam usaha mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia di area kerja perusahaan (area MCIP Kalteng). SMK Maharati mengusung konsep boarding school (sekolah berasrama) untuk menghadirkan layanan pendidikan terbaik agar menciptakan lulusan yang kompeten dalam bidang keahliannya (Teknik Alat Berat & Multimedia) dan cakap dalam karakter.

Meski didirikan di tengah rimba, yaitu di Desa Buhut Jaya, Kec. Kapuas Tengah, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, SMK Maharti diharapkan bisa mewujudkan “Sekolah di tengah hutan, kualitas metropolitan”. Tutupnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments