P. Pisau

Disperindagkop UKM Pulpis Minta Pedagang Ikan Tempati Los Pasar Patanak

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) meminta para pedagang khususnya pedagang ikan bisa menempati Los Pasar Patanak yang telah disiapkan.

Kepala Disperindagkop UKM Pulpis Elieser Jaya mengungkapkan pihaknya telah melakukan renovasi serta melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pedagang didalam los Pasar Ikan tersebut.

“Kita sudah menyiapkan blok khusus untuk Pedagang Ikan Pasar Patanak (Pasar Harian Pulpis). Memang kemaren ada beberapa Los di blok itu yang kurang memadai. Namun sekarang sudah direnovasi. Jadi kami harapkan nanti para pedagang ikan bisa menempati los pasar tersebut,” ucap Elieser. 

Elieser mengungkapkan, selain merenovasi beberapa Los di Blok tersebut, pihaknya juga telah menambah sarana prasarana pendukung lainnya seperti lampu penerangan dan air bersih. Oleh karena itu ia mengharapkan seluruh fasilitas yang disediakan diharapkan dapat dijaga dan dimanfaatkan bersama.

"Los pedagang di Blok ikan itu gratis tidak dipungut biaya. Mungkin nanti ada urunan para pedagang untuk biaya listrik dan kebersihan pasar. Untuk nominal disepakati oleh para pedagang sendiri," katanya. Elieser juga menegaskan, tidak ada pungutan sama sekali bagi pedagang yang menempati los pasar tersebut.

Sebab, lanjut dia, pada intinya pemerintah selalu akan memantau kebutuhan apa yang harus disiapkan dalam rangka membuat pasar harian menjadi pasar favorit masyarakat dalam jual beli.

Oleh karena itu pihaknya berharap para pedagang bisa mendukung langkah pemerintah dalam menata pasar agar terlihat lebih rapi, bersih.

“Kami akan terus melakukan pemantauan di lapangan sebagaimana saat ini para pedagang melakukan aktivitas di lokasi pelabuhan pasar dan masyarakat pembeli juga telah ramai melakukan transaksi di lokasi relokasi tersebut," tegas Elieser. 

Ia menambahkan, pekan depan pihaknya kembali akan melakukan rapat terkait membahas aktivitas pedagang di Pasar Patanak. “Kami berharap, agar apa yang bangun pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik,” tambahnya. 

Sebelumnya Pemkab Pulpis telah melakukan penertiban para pedangan ikan yang berjualan di bahu jalan Tingang Menteng. Para pedagang tersebut telah diarahkan untuk mengisi los pasar ikan yang telah disediakan Pemkab Pulpis.

"Kita juga memohon dukungan masyarakat terutama pedagang ikan agar tidak lagi berjualan dipinggir jalan. Kalau masih ada, terpaksa akan kami tindak," tutupnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments