Barsel

Disporaparbud Barsel : Sudah saatnya  Masyarakat ikut serta melestarikan Seni dan Budaya Daerahnya sendiri

BUNTOK - Adanya ajakan yang disampaikan oleh Kadisporaparbud Barsel, Dr. Manat Simanjuntak, pada Minggu, 28/04/2024. agar masyarakat untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni serta budaya daerah setempat.

Ia menyampaikan pentingnya menekankan melestarikan seni dan budaya daerah Barsel untuk mempromosikan nilai-nilai budaya lokal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ia mengatakan dengan lugas, "Dengan melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya setiap tahunnya, kita dapat memberikan nilai positif dan mempromosikan kekayaan budaya Kabupaten Barsel yang dikenal sebagai Dahani Dahanai Tuntung Tulus," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan seni dan budaya daerah mati suri akibat pengaruh budaya modern atau masuknya budaya dari luar, Disporaparbud akan terus melaksanakan berbagai event yang bertujuan menjaga eksistensi seni dan budaya daerah Barsel. "Kami berkomitmen agar seni dan budaya lokal tidak pudar secara perlahan," kata Manat.

Terkait keberadaan sanggar seni dan budaya di Kota Buntok, Manat berharap agar sanggar-sanggar tersebut tetap aktif dalam melaksanakan kegiatan seperti latihan menari dan musik tradisional. "Keaktifan sanggar seni dan budaya sangat penting untuk memberikan nilai positif bagi kaum muda. Ini akan membantu mereka mengembangkan minat dan bakat di bidang seni tari, musik tradisional, serta menjaga budaya daerah," tambahnya.

Dengan dukungan aktif dari masyarakat dan sanggar seni, Manat berharap seni dan budaya daerah Barsel dapat terus berkembang dan dikenal luas.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments