Barsel

Sekretaris Daerah Barsel Tekankan Pentingnya Dedikasi Aparatur Desa

BUNTOK - Pentingnya peranan aparatur desa sebagai unit terdepan dalam sistem birokrasi pemerintahan daerah. Di era globalisasi saat ini, Eddy Purwanto mengungkapkan bahwa aparatur pemerintah harus memiliki dedikasi tinggi, loyalitas, integritas, moral yang baik, dan kompetensi dalam menjalankan tugas. Hal tersebut diungkapnya selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan.

Tentunya ia mengakui  bahwa tugas-tugas aparatur desa sering kali terasa sangat berat, terutama dengan keterbatasan sarana, prasarana, dan fasilitas penunjang yang ada. Meskipun demikian, keterbatasan ini tidak seharusnya menjadi penghambat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. "Pemerintah yakin bahwa aparatur desa mampu memberikan yang terbaik dengan semangat pengabdian yang dimiliki," ujarnya.

Dia juga menyatakan bahwa semua program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah wajib dilaksanakan dengan semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa program tersebut tepat sasaran dan menyentuh masyarakat. "Program pembangunan desa yang disusun setiap tahun tentunya sangat disayangkan jika tidak berjalan sesuai harapan," tambahnya.

Sekda Barsel menyoroti pentingnya program seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), yang merupakan salah satu program unggulan yang langsung menyentuh masyarakat. "Perencanaan yang matang sangat penting agar pelaksanaan di lapangan bisa tepat sasaran," jelas Eddy Purwanto.

Dia juga menambahkan bahwa pengembangan teknologi desa melalui Dana Alokasi Desa (ADD) bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan swadaya masyarakat. "Jika ADD dikelola dengan baik dan benar, hasilnya pun akan baik," tutupnya. 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments