Kotim

Distan Kotim Gelar Aksi “VAKSINASI GRATIS”, dalam Peringatan Hari Rabies Sedunia

SAMPIT -Sabtu, 07/10/2023, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merayakan Hari Rabies Sedunia dengan menggelar program pemberian vaksinasi gratis, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi hewan peliharaan.

Kepala Dinas Pertanian, Sepnita, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian program yang diberi nama "gelar aksi," yang saat ini difokuskan pada bidang peternakan. Ini merupakan cara Distan Kotim merayakan Hari Rabies Sedunia.

Berlangsung di Puskesmas Hewan (Puskeswan) Jalan HM Aryad, Sampit, Pemberian vaksinasi rabies gratis ditujukan untuk hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan kera. Acara ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dengan harapan dapat memecahkan Rekor MURI.

Sepnita menekankan bahwa jumlah vaksin rabies yang disediakan oleh pemerintah pusat terbatas, tetapi karena tingginya antusiasme masyarakat dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan mereka, Distan Kotim berinisiatif untuk menyelenggarakan vaksinasi tambahan.

"Sebanyak 165 pemilik hewan peliharaan telah mendaftar untuk program ini. Beberapa dari mereka membawa lebih dari satu hewan, sehingga total sekitar 500 hewan akan menerima pelayanan vaksinasi. Kami masih membuka kesempatan bagi pemilik hewan yang belum mendaftar untuk segera datang karena sudahtersedianya vaksinasi tambahan," ungkapnya.

Melalui program gelar aksi ini, Distan Kotim berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan. Hal ini tidak hanya memberikan perlindungan bagi hewan, tetapi juga melindungi pemilik hewan dari risiko serius penyakit rabies, yang dapat menular dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia melalui gigitan dan dapat berakibat fatal.

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments