Kalteng

Diterpa Angin Kencang Pohon Peneduh Di Pinggir Tumbang

PANGKALAN BUN - Hujan disertai angin kencang, dalam sebulan terakhir membuat, puluhan pohon peneduh yang ada, di sepanjang jalan kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, banyak yang tumbang hingga, menutupi badan jalan.

Beruntung dalam kejadian pohon tumbang tersebut,  tidak ada korban jiwa ataupun, kerugian harta seperti kendaraan, yang tertimpa pohon, karena sudah diantisipasi melalui himbauan,  agar pengguna kendaraan selalu waspada saat, terjadinya hujan  disertai angin kencang.  

Kebanyakan pohon tumbang seperti, yang terjadi di jalan sultan sahrir, kelurahan madurejo P.Bun, tepatnya di pemberhentian lampu, pengatur lalu lintas, pada rabu 25/01/2023, pohon yang terlihat masih kokoh, dengan diameter kurang lebih, 100 sentimeter namun kondisi akarnya yang membusuk, mengakibatkan tidak mampu menahan, terpaan angin yang cukup kencang.

Pohon peneduh yang ada di pinggir jalan, memang sangat meresahkan, dan sangat  membahayakan, bagi para pengguna jalan, dan dibutuhkan peremajaan oleh dinas terkait. Pasalnya pohon yang ditanam selama ini, selain tumbuh besar akar pohonnya, sudah banyak yang membusuk, bahkan kondisinya bermunculan, ke permukaan tanah hingga ada yang, diatas trotoar jalan.

Nasir kepala bidang, rehabilitasi dan rekonstrusi, PBPD Kobar sudah berkoordinasi, dengan Dinas Lingkungan Hidup Kobar, untuk dilakukan pemangkasan dan peremajaan, agar kondisi jalan bisa kembali normal. Tim damkar, BPDB, yang dibantu anggota, kepolisian Polres Kobar, untuk melakukan pemotongan dahan, menggunakan gergaji mesin, dan di singkirkan ke tepian jalan. Kurang dari satu jam, arus lalu lintas di jalan tersebut, sudah kembali normal.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments