Kalteng

DLH Kerahkan 5 Unit Truk dan 1 Eksa Bersihkan Sampah Liar Jalan Kereng-Baun Bango

KATINGAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan mengerakkan setidaknya 5 unit Truk Sampah dan satu Ekskavator untuk mengangkut sampah liar KM 4 Desa Hampalit tepatnya di jalan Kerengpangi-Baun Bango.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Ir Hap Baperdo, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Kebersihan dan Limbah B3, Irwanto, S.Si, mengungkapkan Sampah liar yang ada di sepanjang jalan, terutama di KM 4, sangat menyedihkan. 

“Kalau kita lihat, sampahnya, ada di samping kiri kanan jalan, dan sangat banyak sekali, ini tidak enak dipandang mata, makanya kami harus menggerakkan 4 Truk Sampah dan satu Ekskavator mini, untuk membersihkan sampah,” Ungkap Irwanto, S.Si Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Kebersihan dan Limbah B3, DLH, Selasa (2/2/2022). 

Selain menggunakan armada Truk Sampah dan Ekskavator mini, dikatakan Irwanto, mereka dibantu baik Satpol PP, Kepala Desa dan aparatnya, serta masyarakat sekitar Desa Hampalit. 

Irwanto menyesalkan oknum-oknum yang dengan sengaja membuang sampah bukan pada tempatnya, terutama di KM 4, pasalnya, pembersihan sampah di sepanjang jalan tersebut, sudah seringkali dilakukan, namun masih ada juga yang membuat sampah di sepanjang jalan Kerengpangi-Baun Bango.

“ini sudah berulangkali kami Bersihkan, tapi sampahnya tetap banyak, padahal anggaran yang kami gunakan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, cukup besar, yang seharusnya dapat digunakan, misalnya untuk pendidikan, kesehatan, atau kegiatan lainnya,” tuturnya.

Dikatakan Irwanto, tidak perlu untuk saling menyalahkan, tetapi sebagai warga masyarakat yang baik, diharapkan dapat menjaga lingkungan, termasuk bagaimana membuang sampah pada tempatnya.

“Kita semua memiliki tanggungjawab bersama dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih, termasuk membuang sampah pada tempatnya, kalau lingkungan kita bersih, jalan-jalan tidak berserakan dengan sampah, tentu kita bisa hidup sehat, pemandangan yang bersih,” Tandasnya.

 (Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments